PERANAN MATEMATIKA/KALKULUS DALAM BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMPUTER
D
I
S
U
S
U
N
OLEH:
Nama : Dwina Pri
Indini
NPM : 19110481
Kelas : TI-P1905
Dosen Pembimbing
: Kennedi Tampubolon, S.Si, M.Kom
STMIK BUDI DARMA
2019
Kata
Pengantar
Segala puji dan Syukur penulis
ucapkan kepada Allah S.W.T yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah, serta
Kesehatan, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah kalkulus
I dengan judul “Peranan Matematika/Kalkulus dalam Bidang Teknologi Informasi
dan Komputer” dapat terselesaikan dengan baik dan sesuai waktu
yang telah ditentukan.
Dan penulis mengucapkan terima kasih
kepada kedua orang tua yang senantiasa memberikan dukungannya serta doanya
kepada penulis. Makalah ini dibuat dengan sedemikian rupa agar penulis
dapat mempelajari dan memahami materi
sebagai acuan. Adapun penyusunan makalah
ini berdasarkan data-data dari internet.
Akhirnya, Penulis menyadari bahwa
dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan karena keterbatasan pengetahuan
dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran sangat berguna demi
pembuatan dan kesempurnaan makalah ini
. Demikian kata pengantar ini penulis buat, semoga dapat
menambah pengetahuan, khususnya bagi diri pribadi penulis sendiri dan pembaca
pada umumnya.
Dwina Pri Indini
NPM : 19110481
DAFTAR ISI
Kata Pengantar........................................................................................................... i
Daftar Isi.................................................................................................................... ii
Bab I Pendahuluan..................................................................................................... 1
1.1 Latar
Belakang Masalah....................................................................................... 1
1.2 Rumusan
Masalah................................................................................................ 1
1.3 Tujuan
Masalah.................................................................................................... 1
Bab
II Pembahasan.................................................................................................... 2
2.1 Pengertian Kalkulus............................................................................................. 2
2.2 Manfaat Kalkulus
dalam Kehidupan Sehari-hari................................................. 2
2.3 Peranan Kalkulus
dalam bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi........ 4
Bab III Penutup......................................................................................................... 9
3.1 Kesimpulan.......................................................................................................... 9
Daftar Pustaka........................................................................................................... 10
BAB I
PENDAHULUAN
1.1Latar
Belakang Masalah
Kalkulus
adalah mata kuliah yang berguna untuk membantu mahasiswa memantapkan
kepribadiannya, agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai dasar
matematika untuk menerapkan,mengembangkan bakat dan keahlian (skill), karena
ilmu ini bisa membawa kita menuju masa depan yang cerah dan mempunyai rasa
tanggung jawab dan bermoral.
Mata
kuliah kalkulus diperguruan tinggi merupakan sumber nilai dan pedoman dalam
pengembangan dan penyelengaraan program studi, guna mengantarkan mahasiswa
memantapkan kepribadiannya sebagai manusia seutuhnya. Hal ini berdasarkan pada
suatu realitas yang dihadapi, bahwa mahasiswa adalah sebagai generasi bangsa
yang harus memilki visi inteletual, religius, berkeadaban, berkemanusiaan dan
cinta tanah air dan bangsanya.
Akhir-akhir ini adapula
beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli kalkulus terhadap aktivitas
pedagang-pedagang di kota yang meliputi daerah distribusi yang luas, tetapi
biasanya para ahli kalkulus membatasi diri terhadap aktivitas perdagangan yang
berdasarkan volume modal yang terbatas.di Indonesia misalnya ada ahli kalkulus
yang mempelajari pedagang-pedagang kaki lima,atau para pedagang pasar yang membawa
barang dari Singapura ke Medan atau Jakarta.
Namun tidak hanya itu
kalkulus juga sangat berperan penting dalam bidang ilmu teknologi dan komputer
, di tambah lagi dengan zaman yang di hadapkan kepada kita saat ini , yaitu
zaman yang semakin modern .
1.2RUMUSAN MASALAH
Makalah ini memiliki
berbagai masalah yang perlu diselesaikan dalam rumusan masalah adalah sebagai
berikut:
A. Apa yang dimaksud dengan
kalkulus ?
B. Apa saja manfaat kalkulus
dalam kehidupan sehari hari ?
C. Bagaimana peranan kalkulus
dalam bidang ilmu komputer dan Teknologi Informasi ?
1.3TUJUAN MASALAH
A. Untuk mengetahui tentang
kalkulus
B. Dapat mengetahui apa saja
manfaat kalkulus dalam kehidupan sehari hari
C. Mengetahui peranan kalkulus
dalam bidang ilmu komputer dan teknologi informasi
BAB II
PEMBAHASAN
2.1Pengertian kalkulus
Kalkulus (Bahasa Latin:
calculus, artinya "batu kecil" untuk menghitung) adalah cabang ilmu
matematika yang mencakup limit, turunan, integral, dan deret takterhingga.
Kalkulus adalah ilmu mengenai perubahan, sebagaimana geometri adalah ilmu mengenai
bentuk dan aljabar adalah ilmu mengenai pengerjaan untuk memecahkan persamaan
serta aplikasinya. Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidang
sains, ekonomi, dan teknik, serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak
dapat dipecahkan dengan aljabar elementer.
Kalkulus memiliki dua cabang utama, kalkulus diferensial dan kalkulus integral yang saling berhubungan melalui teorema dasar kalkulus. Pelajaran kalkulus adalah pintu gerbang menuju pelajaran matematika lainnya yang lebih tinggi, yang khusus mempelajari fungsi dan limit, yang secara umum dinamakan analisis matematika.
Kalkulus memiliki dua cabang utama, kalkulus diferensial dan kalkulus integral yang saling berhubungan melalui teorema dasar kalkulus. Pelajaran kalkulus adalah pintu gerbang menuju pelajaran matematika lainnya yang lebih tinggi, yang khusus mempelajari fungsi dan limit, yang secara umum dinamakan analisis matematika.
Sejarah perkembangan
kalkulus bisa ditilik pada beberapa periode zaman, yaitu zaman kuno, zaman
pertengahan, dan zaman modern. Pada periode zaman kuno, beberapa pemikiran
tentang kalkulus integral telah muncul, tetapi tidak dikembangkan dengan baik
dan sistematis. Perhitungan volume dan luas yang merupakan fungsi utama dari
kalkulus integral bisa ditelusuri kembali pada Papirus Moskwa Mesir (1800 SM)
di mana orang Mesir menghitung volume piramida terpancung, Archimedes
mengembangkan pemikiran ini lebih jauh dan menciptakan heuristik yang
menyerupai kalkulus integral.
Pada zaman pertengahan,
matematikawan India, Aryabhata, menggunakan konsep kecil takterhingga pada
tahun 499 dan mengekspresikan masalah astronomi dalam bentuk persamaan
diferensial dasar. Persamaan ini kemudian mengantar Bhāskara II pada abad ke-12
untuk mengembangkan bentuk awal turunan yang mewakili perubahan yang sangat
kecil takterhingga dan menjelaskan bentuk awal dari "Teorema
Rolle".Sekitar tahun 1000, matematikawan Irak Ibn al-Haytham (Alhazen)
menjadi orang pertama yang menurunkan rumus perhitungan hasil jumlah pangkat
empat, dan dengan menggunakan induksi matematika, dia mengembangkan suatu
metode untuk menurunkan rumus umum dari hasil pangkat integral yang sangat
penting terhadap perkembangan kalkulus integral. Pada abad ke-12, seorang
Persia Sharaf al-Din al-Tusi menemukan turunan dari fungsi kubik, sebuah hasil
yang penting dalam kalkulus diferensial.
2.2Manfaat kalkulus dalam kehidupan sehari hari
Belajar matematika sebenarnya lebih di
tujukan untuk melatih seberapa cepat otak kita berfikir, kalau orang yang ahli
matematika mereka biasanya lebih cepat dalam mengambil keputusan dalam
kehidupan sehari-hari. Kalkulus adalah lanjutan dari matematika tepatnya
gabungan dari ilmu fisika dan matematika, gunanya itu untuk melatih “logika”
kita dalam berfikir, karena setiap masalah yang kita temui sehari-hari
sebenarnya bisa diselesaikan dengan logika penyederhanaan. Jadi penerapannya
adalah merumuskan masalah yang kita temui dalam kehidupan nyata lalu bagaimana
merubahnya ke dalam suatu bahasa pemrograman yang diperlukan (merubah sesuatu
yang analog ke digital).
Fisika sama matematika penting buat programmer karena di dunia IT ada beberapa lapisan posisi:
Fisika sama matematika penting buat programmer karena di dunia IT ada beberapa lapisan posisi:
1.
Posisi operator
Fungsinya kebanyakan lebih ke mengoperasikan
suatu program dan trouble shooting. Untuk posisi ini yang paling diperlukan
adalah penguasaan tentang aplikasi yang ada, misal : operator VB, operator
oracle, dll.
2.
Developer
Posisi ini akan membuat program atau aplikasi
dengan bahasa tertentu. Untuk posisi ini menurut saya yang penting CRUD bahasa
yang dikuasai, tapi untuk posisi ini kebanyakan bikin program yang sudah ada,
seperti web, database, dll. Misalnya programmer web, programmer game, dll.
3.
System analist
Posisi ini yang perlu matematika dan fisika,
sebenarnya bukan ke ilmunya, tapi lebih ke bagaimana kita bisa solve sebuah
problem, bikin sesuatu yang belum ada, program tingkat tinggi, dll. Tidak Cuma
pengalam dan penguasaan bahasa saja yang dibutuhkan dalam posisi ini.
4.
Pelajaran dari integral
Prinsip dasar integral
adalah untuk menghitung suatu luas, pecahlah suatu wilayah yang bentuknya tak
beraturan menjadi pecahan kecil-kecil, sedemikian kecil sehingga luas tiap bagian
bisa dihitung sebagai perkalian Panjang x Lebar. Kemudian gabungkan semua hasil
perkalian, maka didapat luas keseluruhan.
Pelajaran yang ditarik dari
prinsip ini adalah setiap bertemu masalah yang besar dan rumit, maka pecah
masalah menjadi masalah-masalah yang kecil yang mudah dipecahkan, kemudian
selesaikan tiap-tiap masalah kecil tersebut. Kemudian gabungkan semua
permasalahan tersebut. Then, big problem solved.
5.
Limit X mendekati
Di Kalkulus kita ada
pelajaran menghitung nilai X di limit mendekati titik tertentu (yang sering dipakai:
limit mendekati tak terhingga). Pelajaran dari sini adalah ketika kita dilanda
suatu keraguan (misal bingung antara ya atau tidak) maka ambillah proyeksi
limit mendekati tak hingga. Dengan proyeksi seperti itu kita bisa menilai,
ternyata kondisi masa depan adalah seperti itu. Maka kita bisa ambil keputusan
untuk mengambil pilihan yang mana. Contoh kasus kita akan ambil tawaran kerjaan
di perusahaan minyak dengan ditempatkan di lautan dekat Kutub Utara. Ketika
bingung untuk menerima atau tidak, ekstrapolasikan aja situasi jauh ke depan.
Misalnya 5 tahun kedepan kalau kita terus disitu apa yang terjadi.
Ternyata jawaban kita
adalah :
Ø Kita akan melakukan
adaptasi sehingga santai menjalani kehidupan sehari-hari
Ø Kita bisa mengumpulkan
tabungan yang significant yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.
Dengan
kondisi demikian, maka kemungkinan besar pilihannya adalah ambil.
Tapi
kalau ternyata situasi ke depan dalam bayangan kita adalah :
Ø Stress, sehingga harus
masuk perawatan rumah sakit jiwa
Ø Tidak ada tabungan, karena
uang habis untuk pengobatan
Ø Tidak ada ilmu apapun,
karena hanya diperlakukan sebagai operator terdidik dan bisa jadi kita memilih
untuk tidak mengambil tawaran tersebut.
2.3 Peranan kalkulus dalam bidang ilmu komputer dan
teknololgi informasi
Matematika
dikenal sebagai ilmu dasar. Pembelajaran matematika akan melatih kemampuan
berpikir kritis, logis, analitis, dan sistematis. Tetapi peran matematika tidak
hanya sebatas hal tersebut. Perkembangan bidang ilmu lain, seperti fisika,
biologi, ekonomi ataupun berbagai bidang ilmu sosial, tidak terlepas dari peran
matematika. Matematika juga sangat pantas disebut sebagai jembatan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Sebagai contoh, kemajuan teknologi luar angkasa yang
sangat pesat di jaman sekarang karena kemajuan bidang ilmu fisika. Tetapi
kemajuan ilmu fisika itu sendiri tidak akan tercapai tanpa peran matematika dan
perkembangan matematika itu sendiri.
Sedangkan pengertian Teknik Informatika
yaitu, Informatika (Inggris: Informatics) merupakan disiplin ilmu yang
mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada
mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang,
termasuk di dalamnya sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik
komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen.
Dalam perkembangan teknologi informatika, matematika
memberikan sumbangsih tersendiri. Berbagai aplikasi dan program di komputer
tidak lepas dari penerapan aplikasi matematika, diantaranya adalah operasi
Aljabar Boolean, teori graf, matematika diskrit, logika simbolik, peluang dan
statistika. Teknologi yang semakin berkembang ini menunjukkan perkembangan manusia
dalam menerapkan aplikasi matematika dalam mengembangkan bidang lain.
Salah satu
contohnya adalah penerapan matematika diskrit dalam pengembangan teknologi
komputer. Matematika diskrit adalah nama lazim untuk lapangan matematika yang
paling berguna di dalam ilmu komputer teoretis. Ini menyertakan teori
komputabilitas, teori kompleksitas komputasional, dan teori informasi. Teori
komputabilitas memeriksa batasan-batasan berbagai model teoretis komputer,
termasuk model yang dikenal paling berdaya – Mesin turing. Teori kompleksitas
adalah pengkajian traktabilitas oleh komputer; beberapa masalah, meski secara
teoretis terselesaikan oleh komputer, tetapi cukup mahal menurut konteks waktu
dan ruang, tidak dapat dikerjakan secara praktis, bahkan dengan cepatnya kemajuan
perangkat keras komputer.
Contoh
lainnya adalah dalam perkembangan memori. Memori menyimpan berbagai bentuk
informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan
dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah
angka atau urutan angka-angka.
Selain itu
matematika mengajarkan kita untuk berpikir kritis, bagaimana agar teknologi itu
terus berkembang sejalan dengan berkembangnya ilmu matematika. Pengolahan
angka-angka dalam matematika membentuk suatu rumus pemrograman yang digunakan
dalam pengembangan ilmu komputer.
Teknik
informatika dan matematika sangat erat hubungannya. Karena inti dasar teknik
informatika adalah pembuatan software dan di dalam pembuatannya itu membutuhkan
perhitungan dan logika yang pasti. Oleh karena itu, matematika sangat penting
dalam rangka sebagai dasar dan pengembangan dalam majunya teknik informatika
khususnya pembuatan software. Dalam pembuatan software tersebut menggunakan
sistem bilangan biner dan kode bilangan. Semua disusun dengan urutan tertentu
sehingga menghasilkan suatu software yang dapat diguanakan untuk mempermudah
aktivitas kita. Disamping itu, untuk membuat suatu pemrograman di komputer,
kita harus menggunakan algoritma. Algoritma itu sendiri adalah langkah sistematis
yang mengikuti kaidah logika.
Contoh
penerapan lain yaitu:
a. Probabilitas
Probabilitas
suatu kejadian adalah angka yang menunjukkan kemungkinan terjadinya suatu
kejadian. Nilainya di antara 0 dan 1. Kejadian yang mempunyai nilai
probabilitas 1 adalah kejadian yang pasti terjadi, dan tentu tidak akan
mengejutkan sama sekali. Misalnya matahari yang masih terbit di timur sampai
sekarang. Sedangkan suatu kejadian yang mempunyai nilai probabilitas 0 adalah
kejadian yang mustahil atau tidak mungkin terjadi. Misalnya seorang manusia
melahirkan seekor kambing.
Contoh
pemanfaatan:
Pemanfaatan
teknologi elektronik dalam pembelajaran memberi penguatan terhadap pola
perubahan paradigma pembelajaran. Penggunaan teknologi informasi dan multimedia
menjadi salah satu cara yang efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi
kepada peserta didik. Komputer merupakan salah satu teknologi informasi yang
memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya
dalam pembelajaran matematika.
Banyak hal
abstrak atau imajinatif yang sulit dipikirkan oleh peserta didik dapat
dipresentasikan melalui simulasi komputer. Latihan dan percobaan-percobaan
eksploratif matematika dapat dilakukan peserta didik dengan menggunakan
program-program sederhana untuk penanaman dan penguatan konsep, membuat
permodelan matematika, dan menyusun strategi dalam memecahkan masalah.
Selain
yang disebutkan diatas pemanfaatan komputer dalam matematika yaitu:
1. Pembuatan
power point
Power point membantu system pembelajaran matematika
yaitu untuk menampilkan paper yang akan diajarkan atau dipresentasikan.
2.
Penggunaan Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi worksheet
(lembar kerja elektronik) pengolah angka yang dapat di presentasikan ke dalam
bentuk table dan grafik. Aplikasi ini juga dapat melakukan berbagai perhitungan
dan simulasi. Dalam Microsoft Excel juga disediakan fungsi statistika, fungsi
ini dapat kita gunakan untuk penghitungan dalam matematika seperti mencari
jumlah, rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, nilai variansi. Kita juga
dapat membuat symbol, tabal dan grafik melalui Microsoft Exsel ini.
b.
Algoritma
Algoritma
adalah suatu prosedur yang tepat untuk memecahkan masalah dengan menggunakan
bantuan komputer serta menggunakan suatu bahasa pemrogaman tertentu seperti
bahasa Pascal, Visual Basic, Java, dan masih banyak lagi bahasa yang lain.
Penggunaan algoritma untuk menghemat ukuran file serta dalam pemrograman
komputer, penggunan segitiga pascal dalam program turbo pascal, dan lain sebagainya.
Algoritma adalah suatu prosedur yang tepat untuk memecahkan masalah dengan
menggunakan bantuan komputer serta menggunakan suatu bahasa pemrogaman tertentu
seperti bahasa Pascal, Visual Basic, Java, dan masih banyak lagi bahasa yang
lain.
Fungsi
Algoritma adalah kita dapat mengatasi masalah dari yang sederhana sampai yang
kompleks sekalipun. Namun, seorang user harus mampu membuat suatu program
dengan menggunakan bahasa yang dipahami oleh komputer. Sebelum disajikan dalam
bentuk bahasa pemrogaman, sebaiknya kita membuat diagram alir (Flow Chart) dan
Pseudocode. Hal ini dimaksudkan agar dapat mempermudah kerja atau mempermudah
dalam membuat program. Selain itu, algoritma dapat mengatasi masalah logika dan
masalah matematika dengan cara berurutan, tetapi kadang-kadang algoritma tidak
selalu berurutan, hal ini dikenal dengan proses percabangan.
Pada
dasarnya, komputer adalah mesin digital, artinya komputer hanya bisa mengenal
kondisi ada arus listrik (biasanya dilambangkan dengan 1) dan tidak ada arus
listrik (biasanya dilambangkan dengan 0). Dengan kata lain, kita harus
menggunakan sandi 0 dan 1 untuk melakukan pemrogaman komputer. Bahasa
pemrogaman yang menggunakan sandi 0 dan 1 ini disebut bahasa mesin. Karena
bahasa mesin sangat susah, maka muncul ide untuk melambangkan untaian sandi 0
dan 1 dengan singkatan kata yang lebih mudah difahami manusia biasa disebut
dengan mnemonic code. Bahasa pemrogaman yang menggunakan singkatan kata ini
disebut bahasa assembly.
Program
algoritma harus komplit, nyata, dan jelas. Meskipun tugas algoritma tidak
menghasilkan solusi, tetapi proses harus berakhir hal ini disebut dengan semi
algoritma (prosedur akan berjalan terus atau biasa disebut dengan perulangan).
Intinya kita tidak boleh menambah masalah, akan tetapi kita harus mampu
menyelesaikan masalah untuk mendapat hasil yang tepat.
c. Limit
Pemanfaatan
limit di bidang Teknik Informatika untuk membuat kecerdasan buatan (Artificial
Intelligence) merupakan suatu kecerdasan buatan dimana AI merupakan suatu
percabangan dari teknik informatika yang dalam mempresentasikan pengetahuan
lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan dan memproses
inforasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan ,
contohnya yahoo. jika kita menjawab pertanyaan kita akan mendapatkan point tapi
jika kita mendapatkan best answer akan mendapatkan point yang lebih banyak
juga. dan juga ada perhitungan sampai jawabannya berbulan-bulan yang lalu,
berjam-jam lalu , tidak mungkinkan manusia yang menghitungnnya di dalam source
code dan database website terdapat salah satunya yang bernama limit.
d.
Logika
Penggunaan
logika matematika sebagai dasar bahasa pemrograman, struktur data, kecerdasan
buatan, sistem digital, basis data, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak,
jaringan saraf tiruan. Selain itu fungsi logika juga digunakan dalam mengelola
lembar kerja pada Microsoft Excel. Logika
disebut juga “the calculus of computer science” karena logika memegang peranan
yang sangat penting di bidang ilmu komputer. Peran kalkulus (matematika) sama
pentingnya untuk ilmu-ilmu bidang sains, misalnya ilmu fisika, ilmu
elektronika, ilmu kimia, dan sebagainya. Logika, komputasi numerik, dan
matematika diskrit memiliki peran penting dalam ilmu komputer karena semuanya
berperan dalam pemrograman. Logika merupakan dasar-dasar matematis suatu
perangkat lunak, digunakan untuk memformalkan bahasa pemrograman dan
spesifikasi program, serta menguji ketepatan suatu program. Perkembangan
ilmu matematika itu sendiri sebenarnya memberi umpan balik pada perkembangan
teknologi informatika. Perkembangan teknik informatika juga akan mempermudah
pengolahan perhitungan matematika menjadi lebih sistematis.
Logika dalam ilmu komputer dalam ilmu komputer digunakan
sebagai dasar dalam belajar bahasa pemrograman, struktur data, kecerdasan
buatan, teknik/sistem digital, basis data, teori komputasi, rekayasa perangkat
lunak, sistem pakar, jaringan syaraf tiruan, dan lainlainnya yang mempergunakan
logika secara intensif. Salah satu contoh yang populer adalah sistem digital,
yaitu bidang ilmu yang didasari oleh logika untuk membuat gerbang logika (logic
gates) dan arsitektur komputer sebagai inti mikroprosesor, otak komputer atau
central processing unit. Logika Informatika didalam ilmu teknologi informasi
berperan sangat penting dan hampir selalu kita temui dalam pengembangan
Hardware maupun Software. Contohnya Dalam pengembangan di bidang software,
Hampir setiap bahasa pemrograman menggunakan dan menerapkan prinsip-prinsip
logika. Oleh karena itu logika informatika bagi dunia Teknologi Informasi
merupakan dasar-dasar bagaimana sebuah Hardware atau Software itu dibuat.
Beberapa
contoh penerapan Logika matematika dalam teknologi informasi dan computer
antara lain :
a.
Logika Metematika memiliki peran penting
dalam bidang elektronika dan computer semisal dalam pembuatan PLC (Programmable
Logic Controller) yang merupakan suatu unit khusus dibuat untuk pengontrol
berbasis mikroprosesor yang memanfaatkan memori yang dapat diprogram untuk
menyimpan instruksi – instruksi dan untuk mengimplementasikan fungsi–fungsi
semisal logika, sequencing, pewaktu (Timing), pencacahan (counting) dan
aritmatika guna untuk mengontrol mesin – mesin dalam industri
b.
Penerapan pada sistem digital yang
didasari oleh logika matematika untuk membuat gerbang logika (logic gates) dan
arsitektur komputer sebagai inti mikroprosesor, otak komputer atau central
processing unit. Logika matematika (mathematical logic) adalah cabang ilmu di
bidang matematika yang memperdalam masalah logika, atau lebih tepatnya
memperjelas logika dengan kaidah-kaidah matematika.
c.
Perkembangan terakhir ilmu logika adalah
logika fuzzy, atau di Indonesia disebut logika kabur atau logika samar.
Implementasi logika fuzzy dapat ditemui pada pengatur suhu udara (AC), mesin
pencuci, kulkas, lainnya.
e. Statistika
Di bidang komputasi, statistika diterapkan
dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan. Arsitek Bom Nuklir dan Komputer
Modern, Jika berbicara siapakah tokoh yang paling berpengaruh terhadap
perkembangan ilmu komputer dan komputasi modern, John Von Neumann-lah orangnya.
John Von Neumann adalah salah satu ahli matematika terbesar abad ini. Beliaulah
yang pertama kali menggagas konsep sebuah sistem yang menerima
instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori. Konsep inilah
yang menjadi dasar arsitektur komputer hingga saat ini. Beliau juga salah
seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos
pada Perang Dunia II lalu. Kepiawaian Von Neumann terletak pada bidang teori
game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi
modern yang melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat
semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka)
di dalam kepalanya.
f. Integral
Pemanfaatan Integral di bidang Teknik
Informatika yaitu Ray Tracing merupakan suatu metode untuk me-render obyek 3D
yang hasilnya realistik seperti foto. Metode ini delakukan dengan cara
menelusuri sinar mata atau sumber cahaya kemudian di periksa apakah sinar
tersebut mengenai obyek atau tidak. jadi pada intinya ray tracing digunakan
teknik ilumination yang diimplementasikan dalam sebuah program, dimana program
itu berisikan sebuah fungsi-fungsi integral untuk menghitung refraksi,
difraksi, dan refleksi pada gambar.
g. Turunan
Pemanfaatan Turunan di bidang teknik
informatika yaitu Graphmatica yang merupakan perangkat lunak pembuat grafik
yang di buat oleh kSoft,Inc. Perangkat lunak ini bersifat shareware dan dapat
di unduh id websitenya. dan penggunaan graphmatica juga cukup mudah. Pencarian
turunan ini hanya dapat di terapkan untuk fungsi Cartesian, kutub, dan
parameter. jadi kesimpulannya fungsi turunan digunakan untuk pembuatan grafik
secara cepat.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Kalkulus adalah sebuah
cabang ilmu dari Matematika yang sangat dibutuhkan untuk pengembangan ilmu
pengetahuan terutama bagi Fisika dan Teknik (Engineering). selain itu kalkulus
juga berperan penting dalam ilmu komputer dan teknologi karena dalam komputer
semuanya menggunakan ilmu matematika ,contoh pembuatan power poin yang menggunakan
sistem matematika yaitu untuk menampilkan paper yang akan di ajarkan atau di
persentasekan dan bnyak lagi contoh contoh lainnya.
1 Comments
Makasih kating hehe,dosennya sama ketahuan ga ya
ReplyDelete