Pengertian Logika dan Algoritma

Logika dan Algoritma

1. Logika 

a. Pengertian Logika
   
         Logika berasal dari bahasa Yunani yaitu LOGOS yang berarti ilmu. Logika dapat diartikan ilmu yang mengajarkan cara berpikir untuk melakukan kegiatan dengan tujuan tertentu. Logika merupakan ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku ataupun logika adalah suatu pernyataan atau kejadian yang dapat diterima oleh akal sehat. Logika identik dengan pikiran, masuk akal, dan penalaran.

        Logika dinyatakan dengan suatu :
a. Pernyataan yang dapat diterima oleh akal bernilai benar.
b. Pernyataan yang tidak dapat diterima oleh akal bernilai salah.

        Pernyataan benar diberi simbol 1 atau simbol ON dalam elektronik. Pernyataan salah diberi simbol 0 atau simbol OFF dalam elektronik.


2. Algoritma

         Kata Algoritma diambil dari nama ilmuwan muslim Abu Ja'far Muhammad bin Musa Al-Khwarizmi (780-846 M) yang banyak menghasilkan karya dalam bidang matematika, disamping karya-karyanya dalam bidang lainnya seperti geografi dan musik. Kata Al Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism yang kemudian lambat laun menjadi Algorithm diserap dalam bahasa Indonesia menjadi Algoritma. Algoritma adalah langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah atau pekerjaan. Pengertian Logika dan Algoritma adalah urutan logis pengambilan keputusan dalam memecahkan masalah. Algoritma dibutuhkan untuk menginstruksikan komputer melakukan langkah-langkah tertentu dalam menyelesaikan masalah.

Post a Comment

0 Comments